Cara memasang batu alam bagi pemula

batu alam cirebon

Menjadikan rumah anda bernuansa natural alami memang tidaklah mudah.Diperlukan nya ketelitian dalam memilih motif, warna, dan ukuran batu alam untuk dipasang pada bagian rumah Anda sangat menentukan keberhasilan pemasangan batu alam.

Disamping unik, keberadaan batu alam meski hanya sedikit saja pada bagian tembok atau pilar, akan memberi kesan berbeda dan nampak seolah berada di alam yang segar.

Banyak sekali jenis batu alam yang dijual di toko-toko material atau gerai khusus penjual batu alam. Harga batu alam sangat bervariasi sesuai dengan motif, batu alam untuk dinding atau lantai, tren dan ukuran yang disediakan. Anda akan merogoh kocek yang cukup lumayan untuk membelinya, saya sarankan tidak usah memaksakan diri.

Keberhasilan dan bagus tidaknya pasangan batu alam tidak hanya ditentukan dari faktor cara memilih dan harganya. Namun tidak boleh dilupakan juga adalah faktor cara memasangnya.

Bagi anda yang masih pemula atau baru pertama kali memasang batu alam pada bagian rumah anda, jangan khawatir.. karena kami akan memberikan beberapa cara dan tips pemasangan batu alam bagi pemula ataupun yang sudah profesional, yaitu:

1. Persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan digunakan yaitu benang, paku beton dan adukan semen. benang digunakan untuk acuan agar pemasangannya bisa rapi, pas siku dan rata. Selain itu, untuk tahap finishing siapkan pelapis/coating untuk melapisi permukaan batu alam agar tidak mudah berlumut.

2. Pastikan batu alam berbentuk siku di tiap-tiap bagian sudutnya. Apabila tidak siku maka bisa dibuat siku sendiri dengan alat pemotong keramik.

3. Persiapkan dinding yang akan ditempel batu alam. Dengan cara mengupas atau dibobok pada permukaan dinding secara acak dan jangan lupa beri sedikit air pada dinding. Hal ini dilakukan agar adukan semen dapat merekatkan antara batu dengan dinding dengan baik.

Carapasang batu alam

4. Pasang paku beton pada bagian atas dinding yang sudah dipasang benang. Benang ini akan digunakan sebagai acuan/patokan untuk pemasangan batu alam agar siku.

Cara pasang batu alam

5. Rendam batu alam dengan air. Hal ini digunakan untuk menjaga kelembaban. Seperti yang kita tahu batu mempunyai pori yang besar. Apabila terlalu kering maka akan cepat menyedot air dalam adukan semen saat dipasang. Oleh karena itu agar dapat merekat sempurna maka diberi air terlebih dahulu.

6. Pemasangan batu alam pada dinding bisa dimulai dari bawah terlebih dahulu. Jangan lupa diberi ganjal agar batu alam tidak merosot, karena batu alam cukup berat.

7. Anda bisa menggunakan adukan semen pasir atau semen khusus semen instan agar dapat merekat dengan baik. untuk adukan semen pastikan bahwa proporsi semen yang baik dan gunakan tukang yang berpengalaman.

8. Anda bisa menggunakan pemasangan batu alam pada dinding teknik pemasangan maju mundur untuk menambah nilai estetika.

9. Setelah Pemasangan batu alam pada dinding, akan keluar sisa-sisa semen dari samping batu alam. Harus cepat dibersihkan agar tidak kering.

Cara pasang batu alam

10. Setelah pemasangan selesai maka langkah terakhir adalah melapisi batu alam dengan cat pelindung/coating agar tidak mudah berlumut

Dari cara ini kita bisa mengetahui bagaimana caranya memasang batu alam dengan baik serta dapat mempersiapkan bahan dan alat apa saja yang akan digunakan serta menghitung biaya yang akan dikeluarkan. Hasil pemasangan batu alam yang baik akan memberikan kepuasan tersendiri bagi anda. (sumber : jasasipil.com)

Semoga informasi mengenai Cara Memasang Batu Alam ini dapat berguna bagi anda yang ingin memperindah rumahnya menggunakan batu alam, Terima Kasih.

1 Trackback / Pingback

  1. Batu Alam untuk Bangunan | Batu Alam Cirebon - Arya Stone

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*